Tugas Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak Angkatan Ke-4 Tahun 2021

Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak Angkatan Ke-4 Tahun 2021


Refleksi Minggu Ke-4 ini menggunakan model: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Jurnal Refleksi Mingguan sebagai bentuk refleksi di akhir pekan dan 
wujud dari salah satu nilai dan peran guru penggerak

  • Facts:
Materi awal pada minggu ke 4 ini adalah trapesium usia, kami diarahkan untuk mengingat kejadian positif dan negatif kemudian menarik kesimpulan tentang peran dan fungsi seorang guru terkait dengan kejadian tersebut, kemudian pembelajaran lain yang kami lakukan adalah belajar mandiri tentang diagram gunung es terkait faktor yang mempengaruhi terbentuknya karakter sesorang, kami juga belajar meteri tentang peran dan nilai-nilai guru penggerak selanjutnya kami diarahkan untuk berdiskusi mengenai praktik baik yang telah kami lakukan terkait dengan peran dan nilai guru penggerak, selanjutnya kami diarahkan untuk memproyeksikan diri kami setelah mengikuti Diklat guru penggerak.

  • Feelings:
Dalam pembelajaran minggu ke 4 ini, saya merasa seolah kembali ke masa sekolah dulu dengan mengingat kejadian positif dan negatif pada masa sekolah dulu, selanjutnya dalam belajar mandiri saya sangat termotivasi untuk mempelajari tahap demi tahap setiap materi yang disajikan dalam LMS, begitupun dalam peroses diskusi kami sangat senang, antusias dan saling berbagi pengalaman baik dan praktek baik yang telah diterapkan oleh masing-masing teman anggota diskusi 

  • Findings:

Dalam pembelajaran minggu ke 4 ini, saya merasa seolah kembali ke masa sekolah dulu dengan mengingat kejadian positif dan negatif pada masa sekolah dulu, selanjutnya dalam belajar mandiri saya sangat termotivasi untuk mempelajari tahap demi tahap setiap materi yang disajikan dalam LMS, begitupun dalam peroses diskusi kami sangat senang, antusias dan saling berbagi pengalaman baik dan praktek baik yang telah diterapkan oleh masing-masing teman anggota diskusi 
Dalam pembelajaran minggu ke 4 ini, dengan mengingat kembali kejadian positif dan negatif yang terjadi pada masa sekolah dulu, saya menemukan bahwa peran dan fungsi guru adalah seorang motifator dan inspirator bagi anak didiknya  melalui dua poin itu guru dapat menggali dan mengembangkan potensi diri anak didiknya. Selanjutnya dalam belajar mandiri saya menemukan pembelajaran bahwa karakter sesorang yang Nampak kasat mata hanya sebahagian kecil dari karkter sesungguhnya yang tidak tampak secara kasat mata, dalam pembentukan karakter sesorang dipengaruhi oleh 2 hal yakni: 1. keteladanan yang konsisten, dan 2. penerapan aturan yang konsisten, dan melalui proses diskusi saya dapat menemukan berbagai macam praktek baik yang telah dilakukan oleh teman-teman para CGP lainnya.



  • Future:
Dalam  tugas proyeksi diri setelah mengikuti program CGP ke depan, saya telah memmproyeksikan diri saya menjadi seorang guru yang dapat mengispirasi dan menggerakan ekosistem yang ada di sekirat saya, untuk mencapai hal tersebut tentunya saya harus mampu memahami dan menanamkan peran dan nilai-nilai guru penggerak dalam diri saya dengan harapan bahwa melelui pemehaman tersebut saya dapat mengimplementasikan dalam pola perilkau keseharian saya baik dalam lingkungan sekolah maupun dalam berinteraksi dengan masyarakat luas.  


Posting Komentar untuk "Tugas Refleksi Minggu Ke-4 Calon Guru Penggerak Angkatan Ke-4 Tahun 2021"